Senin, 22 Juli 2013

Ekspor dan Impor Nonmigas ke ASEAN dan Lainnya Mengalami Peningkatan

Impor Nonmigas Dari ASEAN Lainnya, Alami PeningkatanMasih seputar ekonomi Indonesia yang mengabarkan bahwa ekspor nonmigas dengan tujuan kawasan ASEAN Lainnya menurut laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan kinerja membaik. BPS melaporkan bahwa nilai ekspor nonmigas ke negara tersebut pada bulan Mei dapat mencapai nilai 606.5 juta Dollar AS .

Kinerja ekspor nonmigas bulan sebelumnya ke negara tersebut hanya mencapai nilai 584.3 juta Dollar AS. Dengan demikian kinerja ekspor nonmigas pada periode tersebut mengalami penambahan sebesar + 22.2 juta Dollar AS, atau bertambah sebesar + 3.79 %.

Laporan terbaru dari Biro Pusat Statistik juga menunjukkan bahwa ekspor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Mei secara total mencapai nilai 3006.4 juta Dollar AS. Angka tersebut menunjukkan adanya penguatan sebesar + 323.2 juta Dollar AS atau naik sekitar + 12.04 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu hanya mencapai nilai 2683.2 juta Dollar AS.

Impor nonmigas dari negara asal ASEAN Lainnya menurut laporan Biro Pusat Statistik (BPS) terkini menunjukkan kinerja yang meningkat. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada nilai impor nonmigas dari negara tersebut dimana nilai pada bulan Mei dapat mencapai angka 290.6 juta Dollar AS (CIF).

Laporan terkait juga menyebutkan bahwa impor nonmigas dari negara terkait hanya mencapai nilai 289.7 juta Dollar AS . Dengan demikian kinerja impor nonmigas pada periode Januari - Mei mengalami kenaikan sebesar + 0.90 juta Dollar AS, atau sekitar + 0.31 %.

Data paling akhir dari BPS juga menunjukkan bahwa impor nonmigas dari awal tahun ini sampai bulan Mei secara total mencapai angka 1468.5 juta Dollar AS. Laporan tersebut menunjukkan adanya penurunan sebesar -54.2 juta Dollar AS atau sekitar -3.55 %, dimana pada periode yang sama tahun lalu hanya mencapai nilai 1522.7 juta Dollar AS.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting mengemukakan bahwa Dollar Amerika Serikat terpantau bergerak menguat sekitar 3.97 % terhadap mata uang Rupiah pada perdagangan valas hari ini. Adapun kurs BI (jual) Dollar Amerika Serikat dengan rate Bank Indonesia berada pada kisaran Rp. 10120/USD dan kurs BI (beli) sekitar Rp. 10020/USD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar